A.
Prinsip Usability
Usability dalam interaksi
manusia dan komputer merupakan bagian penting yang harus terpenuhi dalam
perancangan sebuah sistem. Misalnya dalam pembuatan sebuah web. Web usability adalah salah satu faktor penting
dalam mengembangkan sebuah web. Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum mengimplemen-tasikannya
pada sebuah web.
Prinsip
Usability adalah prinsip ( bakat , kemampuaan, ketangkasan ) yang dapat di
pergunakan dalam pembelajaran,perusahaan dan dalam diri manusia sendiri.
contohnya dalam teknologi yaitu jika seorang user atau pemakai komputer dia
menggunakan perangkat lunak user tersebut dengan tidak sadar telah mempelajari
kemampuan suatu kinerja perangkat tersebut bahwa dalam perangkat lunak tersebut
terdapat sistem yang bekerja dengan fungsi tertetu. sehingga interaksi pengguna
dengan seperangkat komputer bisa di hubungkan dan saling mengenal. Sangat sulit
sistem agar user bisa berinteraksi dengan komputer banyak cara agar komputer
bisa mengerti apa yang user perintahkan. kita ingin menampilkan huruf A saja
sangat rumit perjalanan sistemnya.ini lah dimana kita mempelajari prinsip
usability mengenal proses sistem interaksi manusia dengan sebuah komputer.
sebenarnya apa hubungannya prinsip usability ini dengan Interaksi Manusia & komputer? Akan coba saya bahas sedikit tentang hal tersebut.
Prinsip usability terbagi atas 6 macam (yang saya ketahui):
1. Human Abilities
2. Human Capabilities
3. Memory
4. Proses
5. Obsevations
6. Problem Solving
sebenarnya apa hubungannya prinsip usability ini dengan Interaksi Manusia & komputer? Akan coba saya bahas sedikit tentang hal tersebut.
Prinsip usability terbagi atas 6 macam (yang saya ketahui):
1. Human Abilities
2. Human Capabilities
3. Memory
4. Proses
5. Obsevations
6. Problem Solving
B.
Kemampuan
manusia berbanding yang buruk
Pada human abilities
terdapat 2 kategori yaitu :
a.
Human abilities baik.
-
Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
-
Durasi LTM tidak terbatas dan complex
-
Kemampuan memahami tinggi
-
Mekanisme konsentrasi powerful
-
Pengenalan pola pikir powerful
b.
Human abilities buruk
-
Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
-
Durasi STM terbatas
-
Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
-
Proses yang cenderung salah
-
Proses yang lambat
C. Proses User centered Design (UCD)
UCD
( User Centered Design ) merupakan
paradigma baru dalam pengembangan sistem berbasis web. Perancangan berbasis
pengguna (User Centered design = User Centered Design = UCD) adalah istilah
yang yang digunakan untuk untuk menggambarkan filosofi perancangan. Konsep dari
UCD adalah user sebagai pusat dari proses pengembangan sistem, dan
tujuan/sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari
pengalaman pengguna.
Prinsip yang harus diperhatikan dalam UCD adalah:
Prinsip yang harus diperhatikan dalam UCD adalah:
1.
Fokus pada pengguna
Perancangn
harus berhubungan langsung dengan pengguna sesungguhnya atau calon pengguna
melalui interview, Survey, dan partisipasi dalam workshop perancangan.
Tujuannya adalah untuk memahami kognisi, karakter, dan sikap pengguna serta karakteristik anthropometric. Aktivitas utamanya mencakup pengambilan data, analisis dan integrasinya ke dalam informasi perancangan dari pengguna tentang karakteristik tugas, lingkungan teknis, dan organisasi.
Tujuannya adalah untuk memahami kognisi, karakter, dan sikap pengguna serta karakteristik anthropometric. Aktivitas utamanya mencakup pengambilan data, analisis dan integrasinya ke dalam informasi perancangan dari pengguna tentang karakteristik tugas, lingkungan teknis, dan organisasi.
2. Perancangan terintergrasi
Perancangan
harus mencakup antarmuka pengguna, sistem bantuan, dukungan teknis serta
prosedur instalasi dan konfigurasi.
3. Dari awal berlanjut pada penggujian pengguna
Satu-satunya
pendekatan yang sukses dalam perancangan sistem yang berpusat pada pengguna
adalah secara empiris dibutuhkan observasi tentang kelakuan pengguna, evaluasi
umpan-balik yang cermat, wawasan pemecahan terhadap masalah yang ada, dan
motivasi yang kuat untuk mengubah rancangan.
4. Perancangan interaktif.
Sistem
yang sedang dikembangkan harus didefinisikan, dirancang, dan ditest berulang
kali. Berdasarkan hasil test kelakuan dari fungsi, antarmuka, sistem bantuan,
dokumementasi pengguna, dan pendekatan pelatihannya.
UCD adalah tentang partisipasi dan pengalaman manusia dalam proses perancangan. Pengguna adalah orang yang akan menggunakan sistem. Pengguna langsung biasa disebut pengguna akhir ( end user ) yang menggunakan sistem untuk menyelesaikan pekerjaannya. Pengguna tidak langsung adalah pengguna yang menggunakan sistem untuk penggunaan yang lain seperti system administrators, installers, dan demonstrators.
UCD adalah tentang partisipasi dan pengalaman manusia dalam proses perancangan. Pengguna adalah orang yang akan menggunakan sistem. Pengguna langsung biasa disebut pengguna akhir ( end user ) yang menggunakan sistem untuk menyelesaikan pekerjaannya. Pengguna tidak langsung adalah pengguna yang menggunakan sistem untuk penggunaan yang lain seperti system administrators, installers, dan demonstrators.
D.
Kapasitas Manusia
a. Penglihatan
Konsep penglihatan terdiri dari 2 tahap:
- penerimaan stimulus dari luar secara fisik
- pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebutr
b. Pendengaran
- sistem auditory memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan informasi lingkungan sekitar.
- dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan mempoerkirakan kemana objek tersebut akan berpindah
c. Peraba
- Manusia menerima stimuli melalui kulit. kulit memiliki 3 jenis sensor penerima:
* Thermocheptor: merespon panas / dingin.
* Nocicheptor: merespon pada tekanan yang intens
* Mechanoceptor :Merespon pada tekanan IMK
-Keyboard bisa dikaitkan dengan posisi bentuk tombol, juga pengoprasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau malah terlalu ringan.
d. Proses Informasi
Proses informasi pada manusia terdiri dari 3 sistem utama:
1. perseptual
- menangani sensor dari luar
- sebagai buffer untuk menampung masukan yang diterima dari indra manusia
- diproses untuk di teruskan ke otak (memory). kognitif: memproses hubungan keduanya
Konsep penglihatan terdiri dari 2 tahap:
- penerimaan stimulus dari luar secara fisik
- pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebutr
b. Pendengaran
- sistem auditory memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan informasi lingkungan sekitar.
- dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan mempoerkirakan kemana objek tersebut akan berpindah
c. Peraba
- Manusia menerima stimuli melalui kulit. kulit memiliki 3 jenis sensor penerima:
* Thermocheptor: merespon panas / dingin.
* Nocicheptor: merespon pada tekanan yang intens
* Mechanoceptor :Merespon pada tekanan IMK
-Keyboard bisa dikaitkan dengan posisi bentuk tombol, juga pengoprasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau malah terlalu ringan.
d. Proses Informasi
Proses informasi pada manusia terdiri dari 3 sistem utama:
1. perseptual
- menangani sensor dari luar
- sebagai buffer untuk menampung masukan yang diterima dari indra manusia
- diproses untuk di teruskan ke otak (memory). kognitif: memproses hubungan keduanya
No comments:
Post a Comment