Tuesday, May 8, 2012

# Sharing Knowledge

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

Bahaya Rokok 
Merokok merupakan sebuah kebiasaan hidup yang sangat tidak sehat, karena dengan menghisap rokok seseorang lebih rentan terserang berbagai macam penyakit. Kebudayaan merokok sendiri sudah ada sejak abad ke 16 silam, menurut sejarah orang yang pertama kali menghisap rokok adalah suku Indian yang merupakan penduduk asli benua Amerika untuk kepentingan pemujaan kepada dewa yang mereka yakini. Bahaya rokok sendiri sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya, tetapi anehnya semakin santer himbauan untuk meninggalkan kebiasaan merokok yang datang dari pemerintah, para penghisap rokok justru semakin banyak padahal di dalam setiap kemasan bungkus rokok sudah ada peringatan tentang bahaya rokok.




Zat-zat yang terkandung dalam rokok
Sebelum membahas tentang bahaya rokok bagi kesehatan tubuh anda ada baiknya jika anda mengetahui tentang zat-zat yang terkandung dalam satu batang rokok. Biasanya orang yang merokok mengaku rokok bisa mendatangkan dampak positif seperti membuat rileks, menghindari stress, bahkan bisa mendatangkan sugesti lebih macho atau lebih jantan bagi para pria yang menghisapnya. Apakah itu benar? Didalam satu batang rokok terkandung lebih dari empat ribu zat-zat senyawa kimia dimana dua ribu zat yang ada di dalamnya di kategorikan sebagai zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Zat yang paling berbahaya yang ada pada rokok adalah tar, nikotin dan zat karbon monoksida. Menurut beberapa penelitian tar yang terdpat dalam rokok mengandung empat puluh tiga bahan karsinogenik yaitu bahan-bahan yang bisa menjadi penyebab utama kanker. Sedangkan nikotin yang ada di dalam rokok mengandung suatu zat yang bisa menyebabkan efek candu atau ketagihan, nikotin juga bisa menyebabkan penyakit jantung, tercatat 25% penderita jantung di seluruh dunia merupakan seorang perokok aktif.
Bahaya rokok yang disebabkan oleh zat-zat di atas jelas harus mendapatkan perhatian lebih karena produksi rokok dari tahun ketahun bukan semakin menurun tetapi semakin meningkat, seiring dengan semakin berkembangnya pula tren merokok di kalangan para pemuda usia sekolah. Dibawah ini adalah bahaya rokok bagi kesehatan tubuh manusia.

Bahaya rokok #1 Penyakit Jantung
Bahaya rokok yang paling harus diwapadai adalah serangan penyakit jantung karena rokok merupakan penyebab utama dari serangan jantung. Tingkat kematian seorang perokok yang di sebabkan oleh serangan jantung lebih banyak daripada tingkat kematian seorang perokok yang dis ebabkan oleh kanker paru-paru. Bahaya rokok yang satu ini tetap mengintai seorang perokok berat walaupun yang dihisap adalah rokok yang berlabel rendah tar dan rendah nikotin. Hal ini karena beberapa produk rokok yang menggunakan filter justru menambahkan jumlah karbon monoksida yang dihirup oleh seorang perokok, yang justru akan membuat rokok tersebut lebih berbahaya daripada rokok yang tidak menggunakan filter.
Bahaya rokok yang disebabkan oleh nikotin adalah jantung yang berdebar semakin cepat sehingga kebutuhan tubuh terhadap oksigen akan semakin meningkat. Selain itu asap karbon monoksida yang terkandung di dalam asap rokok yang dihasilkan mengandung racun yang bisa menyebabkan terhalangnya pasokan oksigen ke dalam jantung. Oleh karena itulah kampanye tentang bahaya rokok ini tidak pernah berhenti, karena bisa menginformasikan tentang bahaya rokok terhadap kesehatan jantung sejak dini.

Bahaya Rokok #2 Kanker
Bahaya rokok yang disebabkan oleh asap rokok selanjutnya adalah serangan kanker, bahaya rokok ini terjadi karena di dalam asap rokok yang di hasilkan oleh tembakau mengandung zat-zat kimia yang bersifat karsinogenik. Penyakit kanker utama yang disebabkan oleh bahya rokok ini adalah kanker paru-paru yang bisa membuat disfungsi organ paru-paru pada manusia. Bahaya rokok selain kanker paru-paru adalah kanker pada saluran pencernaan manusia seperti kanker perut, kanker usus dan rahim, kanker mulut , kanker esofagus, kanker tekak, kanker pankrias, serta kanker payudara.
Bahaya Rokok #3 Perokok Pasif
Bahaya rokok ternyata juga mengintai orang-orang yang ada sekitar orang yang merokok atau biasa di sebut perokok pasif, bahaya rokok bagi perokok pasif ini memang dirasa kurang adil oleh sebagian orang, Sebab para perokok pasif tidak secara langsung menikmati setiap rokok yang di hisap tetapi malah mendapatkan bahaya yang lebih besar daripada seorang perokok aktif.
Bahaya rokok yang selalu mengintai para perokok pasif bukannya lebih ringan daripada perokok aktif, perokok pasif cenderung lebih mudah terserang berbagai macam penyakit akibat udara di sekitar mereka sudah tercemar oleh asap rokok. Berbagai macam penyakit seperti kanker, serangan jantung, bahkan kerusakan janin bagi ibu yang sedang hamil. Berdasarkan penelitian disebutkan bahwa orang yang hidupnya selalu di kelilingi oleh asap rokok akan lebih cepat meninggal dibandingkan dengan orang lain yang selalu mendapatkan udara bersih. Angka kematian dari para perokok pasif juga tergolong tinggi yaitu meningkat sebanyak 15%

Bahaya rokok #4 mengancam keharmonisan rumah tangga
Bahaya rokok yang harus di waspadai oleh para perokok aktif yang sudah berumah tangga adalah faktor keharmonisan rumah tangga yang mudah retak dikarenakan seorang kepala keluarganya merupakan pecandu rokok. Harga rokok yang dari hari kehari bukan semakin murah, tetapis emakin melambung tinggi membuat para pecandu rokok terpaksa memotong uang belanja sehari-hari. Hal ini akan mengakibatkan para anggota keluarga menjadi terlantar, kebutuhan pokok tidak lagi bisa di penuhi. Bahaya rokok ini juga menjadi sebab utama semakin tingginya tingkat percaraian, karena salah seorang dari pasangan suami istri merupakan seorang pecandu rokok.

2 comments:

  1. wah ngeri juga, ini kalo yang perokok pasif bentuk paru parunya lebih mulus atau lebih ancur dari yang perokok aktif ya ? :/ nice post :)

    ReplyDelete
  2. NGeri gan, mencoba untuk berhenti merokok...mhn doanya, jangan lupa kunjungi blog ane http://pontisocio.blogspot.com

    ReplyDelete

Pengikut Terjelek